Divisi Pengabdian Masyarakat

DIVISI PENGABDIAN MASYARAKAT

Divisi Pengabdian Masyarakat bertugas pada ranah penanaman nilai dan pengetahuan tentang pengabdian masyarakat. Selain itu, divisi ini melakukan aktivitas pengabdian masyarakat secara nyata yang di dalamnya dapat melibatkan Kema.

ANGGOTA

DESKRIPSI
KERJA

  1. Melaksanakan program pengabdian masyarakat.
  2. Memfasilitasi Kema FK Unpad dalam aktivitas pengabdian kepada masyarakat. 
  3. Membangun kepercayaan dan kerja sama dengan berbagai elemen masyarakat (tokoh masyarakat, NGO, GO, pemerintah daerah, dll.) dalam rangka pelaksanaan program pengabdian masyarakat.
  4. Mencerminkan kepedulian terhadap kemanusiaan serta peristiwa bencana alam dengan program tepat sasaran. 
  5. Melakukan kegiatan pembekalan dan pencerdasan tentang pengabdian masyarakat kepada Kema FK Unpad.

PROGRAM
KERJA

a. Virtual Community Development

Sebagai bentuk adaptasi di masa pandemi, Health Heroes Project dibentuk sebagai suatu gerakan berskala nasional yang berfokus untuk membantu mengatasi permasalahan kesehatan dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Kegiatan yang dilakukan berupa online campaign, edukasi kesehatan dan pencegahan penyakit, program pembiasaan pola hidup sehat, hingga social action. Untuk informasi selengkapnya, dapat diakses melalui akun Instagram @healtheroesproject.

b. Desa Binaan

Sedangkan untuk kegiatan offline yang biasa dilakukan, terdapat program desa binaan yang berfokus terhadap pengembangan masyarakat khususnya penyelesaian suatu permasalahan kesehatan di Jatinangor. Saat ini, program desa binaan masih dalam proses perencanaan mengingat situasi pandemi yang membutuhkan penyesuaian.

Crisis Center merupakan program tanggap bencana yang dilakukan dalam bentuk penggalangan dan penyaluran donasi. Saat ini, Divisi Pengabdian Masyarakat menjalin kerjasama dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Rumah Amal Salman, Yayasan Pikiran Rakyat, dan Paguyuban Mojang Jajaka Jawa Barat.

Mabim Pengabdian merupakan kegiatan edukasi, pencerdasan, serta penerapan ilmu pengabdian masyarakat terutama materi community development yang ditujukan untuk mahasiswa baru FK Unpad.

Bonding All Batch merupakan kegiatan silaturahmi tahunan dengan para alumni divisi Pengabdian Masyarakat BEM FK Unpad sekaligus menjadi wadah sharing dan memperluas wawasan anggota.

Upgrading merupakan kegiatan pengembangan dan pelatihan bagi para anggota Divisi Pengabdian Masyarakat BEM FK Unpad.